Asam Urat

Usia yang sudah semakin mendekati kepala lima dipahami oleh Rico sehingga ia tidak kaget dengan rasa sakit di persendiannya. Mungkin asam urat, pikir Rico. Namun karena tak tahan, ia bawa juga dirinya menemui dokter.

Sampai di tempat prakter dokter langganannya, Rico bertemu seseorang yang tampak masih umur dua puluhan ada dalam ruang tunggu. Rico berbasa-basi sedikit dengannya. Saat Rico bertanya keluhan orang tersebut, anak muda itu menjawab, "sakit persendian. Sepertinya asam urat."

Terkejut, dahi Rico mengernyit. Mungkinkah anak muda juga bisa terserang asam urat?

Gejala

Mungkin orang seperti Rico hanya kurang mendapat informasi yang utuh mengenai asam urat. Penyakit ini memang bisa menyerang manusia berbagai umur. Termasuk anak muda umur 20-an meski jarang terjadi.

Gejala asam urat bisa dikenali saat persendian terasa ngilu, nyeri, kesemutan, bahkan sampai bengkak dan kemerahan.

Nyeri itu bisa terjadi pada pagi hari saat bangun tidur atau malam hari. Dan rasa nyeri ini terjadi berulang-ulang. Daerah yang terserang biasanya persendian kaki, tangan, tumit, serta siku.

Orang yang terkena penyakit ini sampai-sampai ia kesulitan untuk bergerak.

Penyebab

Hati-hati dengan makanan. Yang enak memang kadang mengandung resiko. Penyakit asam urat pun bersumber dari makanan. Terutama makanan yang banyak mengandung zat purin.

Ya, zat purin ini memang penyebab utama asam urat. Bila tubuh kelebihan zat purin, ia akan mengumpul di persendian dan menyebabkan sakit. Zat purin yang diserap oleh usus dari makan dibawa oleh darah ke seluruh tubuh.

Jeroan, daging atau makanan berbahan daging, makanan laut, makanan yang sudah dikalengkan, disarankan untuk dihindari bagi penderita asam urat.

Beberapa jenis sayuran seperti kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya dan kangkung, juga tidak aman.

Kemudian telur, keju, es krim, krim, kaldu atau kuah daging yang kental juga dihindari.

Beberapa jenis buah-buahan juga tidak aman, seperti durian, air kelapa, dan nanas.

Dan hindari makanan yang kaya protein dan lemak.

Makanan yang Disarankan

Wah... Banyak sekali makanan yang harus dihindari yang menjadi penyebab asam urat.

Namun masih banyak juga makanan yang aman dikonsumsi dan bahkan bisa menyembuhkan penyakit ini. Anda bisa memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat potasium tinggi, seperti yogurt, kentang dan pisang. Kemudian memperbanyak mengkonsumsi buah yang mengandung banyak vitamin C, seperti pepaya, jeruk, dan strawberi. Contoh sayuran serta buah yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit asam urat: jahe, sawi putih, sawi hijau, labu kuning, tomat, serai, buah naga, dan blimbing wuluh.

Pengobatan

Untuk obat pabrikan, dokter Anda lebih tahu.

Tapi cara alami, bisa dengan banyak-banyak meminum air putih. Ada beberapa penderita asam urat yang memilih tidak ke dokter namun memperbanyak minum air putih. Karena mereka tahu, air putih bisa membuang kelebihan zat purin dari dalam tubuh melalui air seni.

Pengobatan lain bisa dengan herbal. Ada beberapa resep untuk menyembuhkan asam urat.

Dengan cuka sari apel, coba campurkan satu sendok teh cuka sari apel mentah dalam segelas air. Minum dua sampai tiga kali sehari.

Atau buatlah wedang jahe, minum setidaknya satu kali dalam sehari. Anda juga bisa menambahkan jahe dalam masakan anda. Alternatif lainnya yaitu membuat pasta dari jahe. Lembutkan jahe dan campur sedikit air dan oleskan pada daerah yang terkena asam urat. Biarkan selama sekitar setengah jam. Lakukan ini sekali sehari.

Buah ceri dapat mengeluarkan racun dari tubuh dan membersihkan ginjal. Ceri, baik manis atau asam, juga bisa sangat membantu dalam mengobati asam urat karena sifat antioksidan mereka. Ceri mengandung anthocyanin, yang dapat mengurangi peradangan serta meminimalkan asam urat kambuh kembali. ceri baik dimakan atau dicampur dan kemudian diencerkan dengan air untuk dijadikan jus. Ekstrak buah ceri juga tersedia di beberapa toko kesehatan.

Beberapa jus seperti jus buah cerry dan jus lemon juga sangat membantu dalam pengendapan purin yang berlebihan.

Semoga bermanfaat.

*Dari Berbagai Sumber
Latest
Previous
Next Post »